Thursday, February 21, 2019

Sistem Terdistribusi Pada Bidang Industri Kreatif dan Entertainment



Pengertian Sistem Terdistribusi

Sistem terdistribusi adalah suatu kesatuan dari elemen-elemen yang saling berinteraksi secara sistematis dan teratur untuk mendistribusikan data, informasi, obyek dan layanan dari dan kepada pengguna yang terkait didalamnya. Infrastruktur utama sistem terdistribusi adalah jaringan, hardware software dan pengguna yang terkait di dalamnya.

Dalam sistem terdistribusi terdapat pembagian pekerjaan antara elemen yang satu dengan elemen yang lain. Sarana komunikasi antar elemen dijembatani dengan jaringan. Tata cara komunikasi antar elemen diatur dengan sebuah perjanjian sehingga terjadi komunikasi yang dapat dipahami antara masing masing elemen yang terlibat.


Secara umum karakteristik dari sebuah Sistem Terdistribusi yaitu:
  • Resource Access and Sharing (Heterogen)
    Kemampuan menggunakan hardware, software atau data dimanapun dan kapanpun.
  • Openness (keterbukaan)
    Sebuah keterbukaan dalam sistem terdistribusi memiliki pengertian kemampuan sebuah sistem dalam mengembangkan fleksibilitas terhadap peningkatan kinerja sebuah sistem.
  • Concurrency
    Semua proses dalam sistem terdistribusi dilakukan secara concurrency (secara bersama-sama).
  • Scalability
    Skalabilitas memiliki pengertian bahwa sebuah sistem terdistribusi harus dapat ditingkatkan kinerjanya tanpa mengubah komponen-komponen di dalamnya.
  • Fault Tolerance (toleransi kesalahan)
    Sebuah sistem terdistribusi dirancang memliki kemampuan untuk menangani kesalah atau error dimasa depan.
  • Transparency
    Bila aplikasi yang digunakan menggunakan database yang terpisah tidak satu database saja, maka dapat dikatakan itu adalah aplikasi pengolahan data terdistribusi atau dikenal juga dengan Distributed Database System (Sistem Basis Data Terdistribusi).

Macam-Macam Industri Kreatif Digital

Saat ini sejalan dengan perkembangan teknologi informasi digital yang pesat, hal tersebut meningkatkan juga industri kreatif digital yang tumbuh pesat. Industri kreatif digital terus mengalami peningkatan sejalan dengan penggunaan internet yang terus bertambah. e-Commerce pun menjadi industri kreatif digital yang kini mengalami pertumbuhan. Berikut adalah 5 jenis Industri Kreatif Digital :
  1. Film
    Film merupakan salah satu jenis industri kreatif digital. Dengan semakin tingginya pengguna media sosial saat ini, promosi film lebih mudah dilakukan. Selain itu, semakin trendnya Youtube sebagai wadah untuk menyimpan kreatifitas industri film, dimanfaatkan juga oleh sebagian masyarakat kreatif untuk dijadikan pendapatan. Seperti diketahui, saat ini semakin ramai pengguna Youtube atau biasa akrab dengan Youtubers yang bisa menghasilkan uang dari Youtube.
  2. Game
    Industri kreatif game ini berkaitan dengan  kreasi, produksi, dan distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan dan edukasi. Kini perkembangan industri game ditanah air berkembang pesat sejalan dengan penggunaan smartphone.
  3. Aplikasi Software
    Industri kreatif ini berkaitan dengan industri komputer dan sejenisnya. Industri kreatif ini lebih berfokus terhadap pengembangan teknologi informasi termasuk juga layanan jasa komputer, pengolahan data, pengembangan database, pengembangan piranti lunak, desain hingga analisis sistem.
  4. Musik
    Industri musik merupakan salah satu jenis industri kreatif digital yang mengalami pertumbuhan pesat. Industri kreatif ini berkaitan dengan kreasi, pertunjukan/konser, produksi, distribusi hingga rekaman. Industri kreatif ini hanya untuk hiburan, namun juga memiliki nilai ekonomi yang menggiurkan.
  5. Periklanan/Advertising
    Selanjutnya adalah industri kreatif periklanan. Ini berkaitan dengan bidang jasa periklanan atau biasa juga komunikasi satu arah dengan meidum tertentu. Industri kreatif periklanan meliputi pembuatan ide, kreasi, distribusi hingga iklan yang dihasilkan.

Penerapan Sistem Terdistribusi Pada Bidang Industri Kreatif dan Entertainment

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa banyak sekali jenis industri kreatif digital yang ada. Untuk penerapan sistem terdistribusi itu sendiri pada bidang industri kreatif juga banyak sekali. Contoh penerapan sistem terdistribusi pada bidang industri kreatif dan entertainment, khususnya di bidang musik & film yaitu telah banyaknya aplikasi dengan fitur yang gratis maupun berbayar untuk streaming musik ataupun film secara legal. Salah satu contoh yang akan saya jelaskan disini adalah aplikasi streaming musik bernama Spotify.


Apa itu Spotify ?

Berdasarkan pemahaman penulis, Spotify adalah sebuah platform musik yang menyajikan hiburan musik legal secara online atau streaming. Ia juga berperan sebagai penyedia hak cipta digital atas musik yang diunggah, sehingga lagu-lagu yang disajikan pastilah lagu resmi dan pengguna dapat menikmati beragam koleksi secara resmi pula.

Melalui Spotify pengguna dapat mendengarkan musik dari berbagai genre dan artis baik lokal maupun mancanegara. Yang mengasyikkan, Spotify menawarkan model fremium yang terdiri dari dua model berlangganan, gratis dan premium. Pengguna gratis dan premium mendapatkan kualitas layanan yang berbeda, Spotify Premium dapat menghapus iklan, meningkatkan kualitas audio dan memungkinkan pengguna untuk mengunduh musik untuk dinikmati secara offline. Sedangkan Spotify gratis tidak bisa. Spotify tersedia untuk platform desktop (Windows XP, Vista, 7, 8 dan 10, Mac OS X 10.5) dan mobile (Android, iOS, Symbian, BlackBerry OS, Windows Phone 7/8, Windows Mobile 6.0, dan WebOS).


Fitur-fitur Spotify

  • Pilihan lagu yang beragam
    Salah satu keuntungan yang ditawarkan oleh Spotify kepada pelanggannya adalah ketersediaan lagu yang jumlahnya sangat besar. Pada tahun 2012 saja, Spotify mengklaim mempunyai 20 juta koleksi lagu dari berbagai genre. Dengan semakin suburnya ekosistem Spotify, sudah barang tentu jumlah lagu yang ditawarkan kini jauh lebih banyak.
  • Playlist
    Di dalam aplikasi resmi Spotify, Anda dapat membuat daftar putar sendiri sesuai dengan preferensi musik Anda. Daftar putar ini berisikan lagu-lagu favorit yang akan disimpan dan dapat diakses setiap kali Anda menjalankan aplikasi. Sehingga tidak perlu repot mencari satu per satu lagi.
  • Radio
    Spotify juga menyediakan akses ke stasiun radio populer dunia. Di sini pengguna bisa memilih sendiri genre dan jenis musik yang digemari.
  • Mode Offline
    Karena tidak semua orang bisa setiap detik terhubung ke internet, maka Spotify menyediakan fitur offline bagi pengguna premium. Fitur ini memungkinkan pengguna mendengarkan musik ketika tidak terhubung ke internet.
  • Integrasi Media Sosial
    Ada dua pilihan metode pendaftaran akun, mengisi formulir pendaftaran dan menggunakan akun media sosial, Facebook. Selain itu, pengguna juga dapat mengetahui musik yang didengarkan oleh teman-teman Facebook ataupun Twitter.


Referensi :

1 comment: