Thursday, January 14, 2016

10 Tempat Wisata di Turki Yang Wajib Dikunjungi



Turki adalah salah satu Negara timur tengah yang menawarkan tempat wisata yang begitu memukau para wisatawannya. Tempat wisata di Turki tak hanya indah, tetapi objek wisatanya banyak yang menyimpan sejarah, khususnya bagi umat islam. Islam pernah Berjaya di kota tempat kelahiran penyair ternama, Jalaludin Rumi ini. Tak heran, jika Turki sering dijadikan sebagai tempat tujuan wisata orang islam ketika mereka selesai menjalankan ibadah umrah. Dari situ mereka bisa menelisik keindahan Turki sambil menguak sejarah islam yang tersimpan rapi di Negara Turki. Tetapi, tentunya, tak hanya wisatawan beragama islam saja yang senang berkunjung ke Turki, banyak sekali wisatawan yang berasal dari berbagai belahan dunia tak sabar ingin melihat langsung keindahan Turki. Berikut ini beberapa tempat wisata yang wajib anda kunjungi di Turki.




1. Pamukkale


Tempat wisata di Turki yang bisa membuat anda takjub, salah satunya mungkin Pamukkale. Pamukkale ini adalah satu fenomena alam yang ada di Turki dimana ada batu-batuan putih yang jika dilihat sekilas bentuknya seperti istana kapas. Mengapa seperti istana kapas, ya karena warnanya yang putih membuat orang gemas untuk menginjaknya. Sebenarnya, batu-batuan putih tersebut tersusun atas mineral kalsium yang tentunya baik untuk kesehatan. Sehingga, anda pun tak usah heran jika banyak kolam-kolam yang ada di Pamukkale. Salah satu kolam pemandian yang biasanya digunakan untuk pengobatan yang ternama adalah Hierapolis.


2. Konya


Tempat wisata di turki yang biasanya digunakan untuk melakukan wisata religi Turki, salah satunya adalah Konya. Konya adalah tempat dimana penyair ternama Jalaludin Rumi di semayamkan. Di tempat ini juga anda bisa melihat tarian khas Turki yang sudah ternama di seluruh dunia. Tarian yang dikenal dengan nama whirling dervishes ini sebenarnya bukan tarian semata, tetapi gerakan tarian tersebut bisa dibilang doa dan dzikir pada Tuhan yang Maha Esa. Ketika anda memasuki Konya, anda akan dibuat takjub karena bangunannya yang indah, bangunan sederhana dengan desain yang begitu mendetail sehingga tampak sangat elegan.


3. Topkapi Palace


Ada salah satu tempat wisata di Turki yang tak pernah lupa dikunjungi oleh para wisatawan. Tempat ini dulunya adalah tempat tinggal kaisar ottoman ketika ia masih menguasai Turki. Topkapi Palace adalah sebuah bangunan istana yang begitu api. Meskipun sekarang kaisar ottoman sudah tiada, namun bangunannya pun masih berdiri kokoh sampai sekarang. Andapun bisa mengetahui peninggalan sejarah ottoman ketika anda memasuki Topkapi Palace ini. Desain yang sangat indah dengan warna biru sebagai warna dominasinya. Keindahan dan peninggalan sejarahnya inilah yang membuat istana di kawasan Istanbul ini tak pernah sepi dari kunjungan pengunjung.


4. Blue Mosque


Tempat wisata di Turki yang lain yang siap memanjakan mata anda adalah Blue Mosque. Apa sebenarnya yang menarik dengan masjid? Bukankah masjid memang pantas ada karena masjid merupakan tempat peribadatan umat islam. Blue Mosque adalah salah satu tanda bahwa islam memang pernah berjaya di Negara ini. Masjid ini tak hanya akan menenangkan anda ketika anda memanjatkan doa pada Sang pencipta, tetapi desain masjid pastilah akan membuat anda takjub sehingga betah berlama-lama di dalamnya. Masjid ini memiliki kubah bertumpuk dan menara yang besar. Kerennya lagi, masjid tersebut menjadikan warna biru sebagai dominasinya. Apabila malam tiba, lampu masjid yang berwarna biru tersebut akan membuat gagah Blue Mosque tersebut.


5. Aya Sophia


Bukan Turki jika ia tidak menyimpan sejarah yang fenomenal. Banyak tempat wisata di Turki yang menjadi saksi bisu perebutan kekuasaan antara orang Kristen dan orang Islam. Ada yang gereja berubah menjadi masjid, begitupun sebaliknya. Salah satu tempat di Turki yang dulunya sebuah gereja, tetapi sekarang ini adalah sebuah masjid adalah Aya Sophia. Aya Sophia dulunya adalah sebuah gereja. Namun, ketika ottoman berkuasa, gereja berhasil ditaklukkan dan Aya Sophia beralih fungsi menjadi tempat beribadatan bagi umat muslim sampai sekarang. Tempat yang cukup keren untuk anda kunjungi bukan?


6. Hagia Sophia


Sudah disinggung sebelumnya jika tempat wisata di Turki memang menyimpan banyak sejarah yang fenomenal. Perebutan kekuasaanlah yang membuat tempat-tempat di Turki beralih fungsi. Selain Aya Sophia, ada juga Hagia Sophia yang masih berada di kawasan Istanbul. Hagia Sophia adalah gereja orthodox yang dibangun pada masa Byzantium. Namun, ketika kaisar ottoman berkuasa, Hagia Sophia berhasil ditaklukkan dan beralih fungsi menjadi sebuah masjid. Namun, itu tak berlangsung lama, karena pada pemerintahan kemal Attatuk, gereja yang diubah menjadi masjid tersebut tak lagi difungsikan dan akhirnya sampai sekarang hanya menjadi sebuah museum yang sering dikunjungi oleh orang yang penasaran dengan 2 desain bangunannya yang berbeda.


7. Grand Bazaar


Tempat wisata di Turki yang banyak diketahui orang adalah Grand Bazaar. Dari namanya saja mungkin anda sudah bisa menebaknya. Grand Bazaar adalah salah satu pusat perbelanjaan yang tertua dan terbesar di Turki. Kawasan perbelanjaan yang tertutup ini menjual berbagai barang, mulai dari pakaian, kerajinan kulit dan sebagainya. Pengunjung Grand Bazaar ini tentunya bukan hanya orang local saja, melainkan banyak juga para wisatawan mancanegara yang mencari oleh-oleh di pusat perbelanjaan ternama di Turki ini. Bagi anda yang hobi belanja, pastikan anda mengunjungi tempat ini supaya hasrat shopping anda bisa terpenuhi.


8. Safranbolu


Safranbolu adalah tempat wisata di Turki yang bisa anda kunjungi. Safranbolu bisa dibilang kota tua karena bangunan-bangunan di daerah ini masih didesain dengan gaya bangunan pada saat kaisar ottoman berkuasa. Gaya rumahnya cukup unik, rumah dibuat dengan rangka kayu dan dindingnya pun juga dicat dengan warna putih. Cukup sederhana, tetapi bisa membuat anda terpukau. Gaya kotanya juga masih ada gang-gang kecil seperti tatanan kota di Eropa. Apalagi rumah yang unik tersebut dibuat di atas tanah perbukitan sehingga membuat Safranbolu ini sangat indah jika anda lihat.


9. Goreme


Ketika anda melihat bangunan yang sering diceritakan dalam dongeng-dongeng, pastilah anda merasa terpukau karena bangunan tersebut terbilang sangat unik. Mungkin, sebagian anda hanya mengira bahwa bangunan tersebut hanyalah ada dalam mimpi saja. Namun, ketika anda berkunjung ke Turki, anda bisa menemukan tempat wisata di Turki yang menyuguhkan bangunan impian dengan bentuk bangunan batu-batu yang dipahat sehingga berbentuk seperti gua. Namun, jika anda merasa tak mau capek berjalan kaki, anda bisa menikmati negeri fantasi ini dengan terbang menggunakan fasilitas yang disediakan. Atau, anda juga bisa memilih fasilitas skuter sehingga anda berkeliling bangunan batu-batuan unik dan cantik yang dinamakan goreme tersebut.


10. Gunung Nemrut


Gunung Nemrut adalah salah satu gunung yang ada di daerah Turki. Apa yang menarik dari gunung nemrut sehingga pantas untuk anda jadikan sebagai destinasi Turki anda? Di gunung ini, anda bisa melihat berbagai patung dewa-dewa yunani yang dulunya dibuat pada masa raja Antiochus, ya raja yang berkuasa sebelum masehi katanya. Raja tersebut membangun patung-patung dan meletakkannya menyebar di gunung sehingga anda bisa melihatnya tampak unik dan cantik. Tak ada salahnya kan anda menjadikannya untuk berfoto bersama keluarga. Dari gunung nemrut ini, anda juga bisa melihat sunrise yang indah. Cukup menarik bukan? 

Semoga informasi tentang tempat wisata di Turki yang patut dikunjungi di atas bisa dijadikan referensi bagi para pembaca!^^



No comments:

Post a Comment